breaking news Baru

Disbunnak Tanggamus Menurunkan 30 Personel Untuk Melakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Pada Hari Raya idhul Adha 1444 H

Tanggamus, Buana Informasi TV - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus menurunkan 30 personel untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.

Tim yang berasal dari Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) ini melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. 

Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanggamus drh. Ari Priyanto mengatakan, petugas kesehatan hewan tersebut bertugas di lima Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). 

”Tim kesehatan hewan bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih,” kata drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanggamus Dhani Riza Efriansyah. 

Dilanjutkan, kegiatan ini untuk mengetahui apakah  hewan tersebut layak dan memenuhi syarat disembelih serta dijadikan kurban.

Tidak hanya itu. Pada pelaksanaan pemotongan hewan kurban, petugas kesehatan hewan juga berkoordinasi dengan pengurus masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban

”Jika masyarakat melihat ada suatu kejanggalan pada hewan kurban, maka diharapkan segera melapor kepada petugas Keswan,” tegasnya. 

Drh. Ari Priyanto menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan ada hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK) di Tanggamus. 

Demikian juga kegiatan vaksinasi PMK, sampai saat ini masih berlanjut. 

"Kini giat vaksin telah menyasar ternak kecil. Seperti kambing dan domba," ujarnya. (**/red)