breaking news Baru

Perekaman DP4 Di Mesuji Lampung Mencapai 47,7 Persen

Mesuji, Buana Informasi TV – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji, Lampung terus kejar target perekaman Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan ( DP4).

Hasilnya, sampai saat ini Disdukcapil Kabupaten Mesuji telah mampu menembus target 47,7 persen dari 7.056 jiwa yaang dikejar untuk dilakukan perekaman.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji Mursalin saat dikonfirmasi, Senin (12/8/2024).

“Berdasarkan jumlah data kependudukan yang kami kejar sebanyak 7.056 jiwa untuk direkam target yang sudah kami capai sebesar 47,7 persen,” ujarnya.

Artinya, ungkap Mursalin, ada 3,359 jiwa yang sudah dilakukan perekaman e-KTP.

Capaian tersebut bisa bertambahnya jika dipotong dengan jumlah penduduk yang masuk dalam DP4 yang tinggal di luar kota.

“Kalau dipotong dengan 1200 jiwa yang tinggal di luar daerah dan masuk dalam DP4 maka capaiannya bisa tembus diangka 67 persen,” ucapnya.

Sebab, kata dia penduduk yang tinggal di luar daerah tidak dapat diupayakan untuk dikejar perekaman e-KTP meskipun pihaknya telah melakukan undangan ke tiap warga yang belum melakukan perekaman.

Dikatakan Mursalin sebanyak 1200 jiwa itu yang terdeteksi sedang berada di luar daerah tersebut mayoritas karena sedang melanjutkan pendidikan.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji terus melakukan inovasi untuk mengejar target perekaman Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Adapun inovasi yang dilakukan dengan menyurati langsung penduduk di Kabupaten Mesuji yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Mesuji saat ditemui di Balai Desa Rejo Mulyo, Kecamatan Way Serdang, Kamis (8/8/2024).

“Berbagai upaya kami lakukan untuk mengejar target perekaman DP4 dan salah satunya menyurati secara langsung warga di Kabupaten Mesuji yang belum melakukan perekaman e-KTP,” ujarnya.

Mursalin mengatakan sebelumnya pihaknya juga telah menyurati Camat hingga Kepala Desa di Kabupaten Mesuji untuk ikut terlibat dalam percepatan perekaman e-KTP.

Sehingga dapat mendorong percepatan target perekaman DP4 sampai 100 persen.

“Kami menyurati Camat hingga Kades itu untuk menginformasikan kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP untuk dapat melakukan perekaman,” ungkapnya.

“Jadi setelah masyarakat mengetahuinya kami siap datang untuk jemput bola ke tiap desa yang dituju, sehingga dalam pelaksanaannya nanti itu bisa lenih maksimal dan efektif,” sambungnya.

Meskipun mendapatkan progres yang cukup baik, Mursalin merasa perlu gebrakan yang lebih untuk mencapai target perekaman DP4 mencapai 100 persen.

Apalagi saat ini Disdukcapil Mesuji dikejar target sampai pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang.

Oleh karenanya, Disdukcapil Mesuji langsung berinisiatif untuk menyurati warga secara langsung yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Harapannya tentu saja, surat dari Disdukcapil Mesuji yang mengatasnamakan warga bersangkutan langsung tersampaikan kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat yang mendapatkan surat dari Disdukcapil Kabupaten Mesuji memiliki kesadaran untuk melakukan perekaman e-KTP.

“Jadi kita ubah yang sebelumnya ke tiap desa dan kecamatan kami surati akan dilakukan perekaman jemput bola, saat ini kami bikin surat untuk warga langsung yang belum melakukan perekaman e-KTP supaya bisa dilakukan perekaman,” jelasnya.

Hasilnya pun ungkap Mursalin cukup mengejutkan, dimana banyak masyarakat yang antusias melakukan perekaman e-KTP.

Ia pun menilai banyaknya masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP itu karena informasi yang diberikan Disdukcapil Mesuji benar-benar tersampaikan ke masyarakat.

“Ya walaupun tetap ada yang tidak hadir dan itu disebabkan karena sedang sekolah di luar daerah,” imbuhnya.(**/red)