breaking news Baru

Harga Cabai Tinggi, Pj Gubernur Lampung Sebut Pemprov Akan Gelar Operasi Pasar

Bandar Lampung, Buana Informasi TV – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin memantau harga komoditas bahan pangan di Pasar Perumnas Way Halim dan Pasar Way Kandis Bandar Lampung, Senin (29/7/2024).

Pantauan tersebut dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat terhadap harga bahan pangan.

“Saya memantau semua komoditas bahan pangan agar harga-harga itu jangan sampai melonjak tinggi atau pun terlalu rendah sehingga daya beli masyarakat tetap stabil” ujarnya.

Dari hasil kunjungan tersebut, Samsudin menyebutkan komoditas cabai saat ini sedang melambung tinggi.

Berdasarkan data yang diterima dari halaman lampungprov.go.id, harga komoditas pasar di Lampung per 29 Juli 2024, di pasar Way Halim harga cabai rawit hijau saat ini diangka Rp 70.000 per kilogram sedangka cabai rawit merah diangka Rp 80.000 per kilogram.

“Cabai itu posisinya sedang tinggi khususnya cabai rawit dan cabai setan karena memang saat ini kebutuhan cabai tersebut sangat tinggi di masyarakat,” ujarnya.

Meski demikian beberapa komoditas lainnya harganya masih stabil.

Samsudin menuturkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung akan melakukan langkah-langkah intervensi terhadap komoditas yang mengalami kenaikan harga tinggi.
Upaya tersebut seperti menggelar operasi pasar.

“Jangan sampai terlalu tinggi nanti masyarakat juga akan merasakan keberatan untuk membeli komoditas tersebut,” katanya. (**/red)