breaking news Baru

Dinas Pemadam Kebakaran Lampung Selatan tangani lima kebakaran dalam satu hari

Lampung Selatan, Buana Informasi TV - Dinas Pemadam Kebakaran Lampung Selatan tangani lima kebakaran dalam satu hari ini, Jumat (22/9/2023). 

Kasus lima kebakaran yang ditangani Damkarat Lampung Selatan semuanya berupa kebakaran lahan dengan lokasi berbeda-beda.  

Kepala Dinas Damkarmat Lampung Selatan M Sefri Masdian melalui Kabid Rully Fikriyansyah mengatakan dalam sehari pihaknya menangani lima kasus kebakaran lahan

Kebakaran lahan yang terjadi hari ini berada di 3 kecamatan berbeda, Kalianda, Jati Agung dan Natar

Sedangkan waktu lokasi kebakaran terjadi mulai pukul 10.00 WIB berupa kebakaran lahan di Desa Babulang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Lalu kebakaran lahan di tol KM 19 Bakauheni - Terbanggi Besar, Lampung Selatan, peristiwa terjadi Pukul 14.00 WIB.

Kebakaran lahan di Perumahan Serambi Sumatra, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, peristiwa terjadi pada pukul 15.47 WIB.

Lantas kebakaran lahan di perkebunan karet PTPN7, Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, peristiwa terjadi pada pukul 11.30 WIB.

Kebakaran lahan di Desa Haduyang Kecamatan Natar, Lampung Selatan, peristiwa terjadi pada pukul 14.00 WIB.

Rully mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama kemarau di wilayah tersebut.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membuka lahan pertanian.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang melintas di jalan yang berpotensi kebakaran, agar tidak membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, jangan membuang sisa atau puntung rokok di pinggir jalan karena dapat menyebabkan kebakaran," ucapnya.

Untuk kebakaran di perkebunan karet PT PN 7, pihaknya kerahkan dua unit mobil damkar. 

Kepala Damkarmat Lampung Selatan M Sefri Masdian mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga adanya kebakaran kebun karet PTPN 7 di Desa Rejomulyo.

"Kami dapat laporan dari warga adanya kebakaran kebun karet PTPN 7 di Desa Rejomulyo sekitar pukul 13.18 WIB," 

"Menurut keterangan warga api mulai membakar kebun karet sekitar pukul 11.30 WIB," ujarnya.

Mendapat laporan dari warga adanya kebakaran kebun karet, pihaknya langsung bergegas menuju lokasi sekitar pukul 13.18 WIB.

Pihaknya menerjunkan lima anggota dari dua pos Damkarmat Lampung Selatan dari Pos Jati Agung dan Tanjung Bintang.

"Petugas dari pos Jatiagung dua orang yakni Agus Pardiyanto dan Kevin Yosanda. Lalu dari pos Tanjung Bintang 3 orang Dwi laksono, Dwi waluyo, Sahidin," katanya.

Pihaknya juga menerjunkan dua unit mobil pemadam dari dari Pos Jati Agung dan Tanjung Bintang untuk memadamkan api di kebun karet PTPN7 di Desa Rejomulyo tersebut.

Damkar tiba di lokasi sekitar pukuk 14.00 WIB. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB.

Sefri menyebut tidak ada korban jiwa akibat kebakaran di kebun karet PTPN 7 di Desa Rejomulyo tersebut.

Pihaknya masih menghitung kerugian akibat kebakaran di kebun karet PTPN 7 tersebut.

Masih kata Sefri, pihaknya juga masih menyelidiki sumber api yang membakar kebun karet PTPN 7 di Desa Rejomulyo tersebut. (**/red)