Poskamling Pekon Sidoharjo Wakili Pringsewu Dalam Lomba Satkamling Tingkat Polda Lampung

Pringsewu, Buana Informasi TV - Tim Penilai lomba Satkamling Polda Lampung mengunjungi Pos Kamling yang terletak di RT 02 RW 01, Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Rabu (07/06/2023) malam. 

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penilaian lomba Satkamling tingkat Polda Lampung dalam rangka revitalisasi Satkamling jelang Pemilu serentak tahun 2024 dan juga menyambut Hari Bhayangkara ke 77.

Tim penilai yang dipimpin oleh Kasubdit Satpam Polsus Dit Binmas Polda Lampung AKBP Feri Wanto, S.Sos, MH, beserta rombongan yang datang sekira pukul 20.00 Wib tersebut disambut oleh Kasat Binmas Polres Pringsewu, Kapolsek Pringsewu Kota, Perwakilan Organisasi perangkat daerah dan kepala Pekon Sidoharjo.

Penilaian lomba satkamling ini juga dihadiri aparatur Pekon dan eleman masyarakat di lingkungan sekitar yang ikut menyaksikan penilaian lomba Pos Kamling ini. 

Mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya, Kasat Binmas Iptu Mardiyono, yang hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan,
Dipilihnya Pos SatKamling ini mewakili Kabupaten Pringsewu karena sebelumnya telah memenangkan Lomba Satkamling tingkat Kabupaten Pringsewu

Mardiyono juga mengungkapkan, pihaknya optimis Pos Satkamling Pekon Sidoharjo ini, bisa terpilih sebagai salah satu juara dalam lomba tersebut. 

"Karena Pos Kamling RT 02 RW 01 Pekon Sidoharjo ini, berdasarkan penilaian, baik dari kelengkapan sarana yang ada di pos maupun keaktifan masyarakat dalam kegiatan Satkamling telah sangat layak dan memadai," ungkapnya.

Ketua Tim Penilai dari Polda Lampung, AKBP Feri Wanto, S.Ag., M.H mengatakan, lomba Satkamling ini dilaksanakan mulai dari tingkat mabes, Polda hingga Polres.

Untuk tingkat Polda, lomba ini diikuti seluruh jajaran Polres/Polresta se-lampung. Adapun yang akan dinilai pada perlombaan yaitu SDM, prasarana, giat operasional, dukungan masyarakat dan pembinaan Satkamling.

“Nantinya, bagi yang mendapat juara 1 pada perlombaan Pos Satkamling tersebut, akan ditampilkan di Polda Lampung sekaligus mewakili Polda Lampung  dalam lomba Satkamling tingkat Mabes,” ujar AKBP Feri Wanto usai kegiatan.

Dalam kesempatan itu, AKBP Feri wanto mengapresiasi semangat dan dukungan masyarakat sekitar dengan menghidupkan kegiatan ronda malam maupun dukungan terhadap sarana di Pos Kamling ini. 

"Harapan kami, semangat ini bukan hanya dalam perlombaan saja, namun ini bisa diimplementasikan dan tentunya ditingkatkan guna terciptanya situasi yang aman dan kondusif" ungkapnya.

AKBP Feri Wanto menambahkan, bahwa dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, perlu ada peran serta dari segenap elemen masyarakat. 

"Keamanan yang kondusif tentu bukan hanya menjadi tugas pihak Kepolisian semata, tapi ini menjadi tanggung jawab bersama" tuturnya. (**/red)