Gubernur Lampung Disebut Lihai Soal Viral Jalan Rusak, Begini Tanggapannya

Lampung, Buana Informasi TV - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi disebut-sebut di acara Golkar di Jakarta. Ketum Golkar Airlangga Hartarto menilai Arinal lihai, sehingga bisa mendapatkan bantuan pemerintah pusat.
Saat memberi sambutan di Rakernas Partai Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/2023), Airlangga bicara geopolitik global, mulai perseteruan AS dan Tiongkok hingga perang Rusia vs Ukraina. Kemudian Airlangga meminta kader menyikapi hal tersebut dan menyinggung Arinal sebagai tokoh yang lihai.

"Kita juga menghadapi perubahan iklim. Kita para ketua DPD harus paham bahwa yang berliku bukan hanya jalan nasional, Pak Gubernur Lampung," tutur Airlangga yang disambut tawa oleh kader lain.

"Pak Gubernur Lampung ini lihainya, luar biasanya dia viralkan yang viral itu (jalan rusak). Dan sekali kunjungan, dapat Rp 800 miliar, itu lah pemain Partai Golkar," imbuh Airlangga. Acara rakernas dihadiri seluruh DPD Golkar se-Indonesia, termasuk Arinal yang juga Ketua DPD Golkar Lampung.

Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia menjelaskan maksud Airlangga. Ia menilai hal itu sebagai tanda perhatian Ketum Golkar.

"Itukan namanya tanda perhatian Pak Airlangga terhadap Pak Arinal. Saya kira kan semua daerah punya masalah yang sama ya, apa namanya dan kemarin kan setelah itu Pak Presiden juga jalan-jalan ke daerah yang lain problemnya sama gitu," kata Doli.

Doli menilai justru Arinal cepat menindaklanjuti laporan dengan melaporkan ke pusat. Pemerintah pusat akhirnya membantu dan mengatensi daerah lain.

"Jadi saya kira justru menurut saya, ya Pak Arinal itu sebagai gubernur, sebagai ketua Partai Golkar di sana quick response, cepat, di-follow up. Kemudian dikomunikasikan dengan pemerintah pusat dan akhirnya pemerintah pusat ikut membantu, yang belum tentu daerah lain mendapatkan bantuan yang sama seperti yang didapatkan Pak Arinal itu," jelasnya.

Respons Gubernur Arinal
"Sudah kita bicara Golkar saja, tidak bicara politik, bicara masa depan. Nanti salah tafsir, salah penjelasan, salah itu kan jadi polemik lagi," kata Arinal saat ditanya soal 'sentilan' Airlangga di kantor DPP Golkar, Minggu (4/6/2023). Arinal berharap jalan di Lampung semakin bagus. Ia ingin ke depannya Lampung terkenal dengan hal positif.


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di acara Rakernas Golkar, Minggu (4/6/2023).
"Ya mudah-mudahan akan meluas, ya (jalanan mulus), InsyaAllah. Karena perjuangan ini kan luar biasa. Lampung sampai terkenal. Dan kita harus buktikan supaya dia terkenalnya menjadi positif. Oke, cukup," ujar dia.

Lampung jadi sorotan usai TikToker bernama Bima mengunggah kerusakan jalan dan menyebut pemerintah 'Dajjal'. Presiden Jokowi kemudian meninjau pada awal Mei 2023. Mobilnya sempat tersangkut di jalan berlubang.
Pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp 800 miliar untuk perbaikan jalan dan jembatan di Lampung. Rencananya, bulan Juli mendatang proyek tersebut dimulai. (**/red)