Riana Sari Arinal, Menghadiri Gathering Keluarga Disabilitas Lampung Yang Dihadiri Oleh Tiga Puteri Dunia

Bandar Lampung, Buana Infomasi.TV - Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal, menghadiri Gathering Keluarga Disabilitas Lampung, di Rumah Kayu, Minggu (21/05/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Tiga Puteri Dunia, yaitu Miss International 2022, Jasmin Selberg dari Jerman, Miss Supranational 2022, Lalela Mswane dari Afrika Selatan dan Miss Charm 2023, Luma Russo dari Brasil. 

Selain itu juga hadir Tiga Besar Puteri Indonesia 2023, yaitu Pemenang Puteri Indonesia 2023 asal Jawa Barat Farhana Nariswari Wisandana, Runner Up I asal Jawa Timur Yasinta Aurellia dan Runner Up II asal Lampung Lulu Zaharani Krisna.

Setibanya di lokasi acara, Ketua PKDL Riana Sari Arinal didampingi 3 Puteri Dunia dan 3 besar Puteri Indonesia 2023 langsung meninjau kegiatan pembuatan tote bag ecoprint oleh anak-anak komunitas disabilitas Provinsi Lampung. 

Dalam sambutannya, Ketua PKDL Riana Sari Arinal menjelaskan bahwa Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKDL) merupakan organisasi mitra pemerintah yang awalnya dibangun dari perkumpulan orangtua yang memiliki anak disabiltas dan kumpulan penyandang disabilitas. 

Selanjutnya organisasi ini berkembang melibatkan para penggiat yang memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menyiapkan para penyandang disabilitas agar dikemudian hari dapat hidup sebagai anggota masyarakat yang mandiri serta berkontribusi positif dalam pembangunan.

Riana Sari Arinal meyakini bahwa semua orang, termasuk penyandang disabilitas, mempunyai peran penting, bakat, serta potensi yang luar biasa. Selanjutnya, para orangtua dan masyarakat memiliki tugas untuk memastikan bahwa potensi ini dapat terasah dengan baik.

"Salah satunya dengan kegiatan sore ini dimana para orangtua dapat berbagi pengalaman dan saling menguatkan. Selain itu anak-anak juga bisa mengembangkan bakatnya masing-masing," kata Riana Sari Arinal.

Di kesempatan yang sama, Ketua PKDL mengungkapkan syukur dan rasa bangganya karena Lampung terpilih sebagai tema utama dalam penyelenggaraan Putri Indonesia 2023. 

Riana Sari berharap kunjungan para Puteri Dunia dan Pemenang Putri Indonesia di Provinsi Lampung dapat menjadi pengalaman yang berharga dan menginspirasi, serta dapat menjadi duta Provinsi Lampung di level nasional maupun internasional. 

"Termasuk juga menjadi duta dalam memperjuangkan upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak bagi para penyandang disabilitas. Dan yang pasti akan menjadi motivasi, inspirasi, dan semangat bagi anak-anak istimewa penyandang disabilitas dan para orang tua hebat," harap Riana Sari Arinal. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung). (**/red)