KPK Turunkan Tim Cek Harta Kekayaan Pejabat, Lampung 'Siaga Satu'

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Provinsi Lampung saat ini sedang jadi sorotan usai Wagub Chusnunia dan Kadiskes Reihama diperiksa KPK. Saat ini pejabat dalam kondisi 'was -was' alias 'siaga satu'. 

Sebab, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirimkan tim ke Provinsi Lampung. Hal ini dilakukan untuk mengecek langsung harta kekayaan milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung, Reihana. Namun dari informasi lain yang beredar, tim ini juga sedang mengumpulkan informasi soa harta kekayaan pejabat lainnya,. salah satunya Wagub Lampung. 

"Kemarin sudah tim berangkat ke sana (Lampung) sekalian kumpulin informasi dari lapangan ya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Jakarta, Jumat (19/5/2023)

Reihana sejatinya kembali menjalani klarifikasi laporan kekayaannya pada hari ini. Namun, dia meminta KPK untuk melakukan penundaan dengan alasan dirinya masih perlu mengumpulkan dokumen serta data-data pendukung yang dibutuhkan.

Pahala mengatakan, pihaknya telah menjadwal ulang pemanggilan terhadap Reihana. "Minggu depan pastinya," ujar dia.

 Sebelumnya, KPK telah memanggil Reihana pada Senin (8/5/2023). Berdasarkan hasil klarifikasi itu, Reihana diketahui meminta stafnya untuk mengisi LHKPN miliknya dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Selain itu, dia juga ternyata memiliki enam rekening. Namun, Reihana hanya mencantumkan satu rekening dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK.

Temuan ini sempat dikonfirmasi ke Reihana saat pemanggilan pertamanya. Namun, dia mengaku tidak mengetahui jika rekeningnya tak dilaporkan secara lengkap karena LHKPN itu diisi oleh stafnya. Sehingga KPK merasa perlu kembali memanggil Reihana untuk mengklarifikasi laporan kekayaan miliknya.

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK pada 16 Februari 2023, Reihana tercatat mempunyai harta kekayaan sebesar Rp2.715.000.000. Jumlah ini dinilai janggal dan tidak sesuai dengan profilnya yang diketahui telah menjabat sebagai Kadinkes Lampung selama 14 tahun.

Kejanggalan tersebut juga muncul dari gaya hidup Reihana yang menyita perhatian publik di dunia maya. Penampilan wanita berusia 60 tahun ini selalu nyentrik dengan gaya hidup flexing (memamerkan sesuatu).

Warganet menyoroti penampilan gaya hidup Reihana yang menjadi pejabat Pemprov Lampung pada era tiga gubernur Lampung, yakni Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, M Ridho Ficardo, dan terakhir Arinal Djunaidi. Setiap tampil di publik, baik acara kedinasan maupun nonkedinasan, penampilan Reihana tampak berbeda dengan pejabat selevelnya.

Lalu di video yang beredar viral di medsos, warganet menyoroti tas mewah yang selalu ditampilkan Reihana setiap acara dengan kisaran harga Rp 200 juta. Warganet juga menyoroti cincin yang dikenakannya diduga menyamai perhiasan milik Pengacara Hotman Paris Hutapea. (**/red)