breaking news Baru

LPK-GPI Hadiri Undangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Terkait Pencemaran Lingkungan di Pekon Bumi Ayu

Pringsewu, Buanainformasi.tv - Lembaga perlindungan konsumen gerakan perubahan Indonesia ( LPK-GPI) penuhi undangan dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten Pringsewu untuk audiensi terkait pencemaran lingkungan di pekon Bumi Ayu kedatangan tim dari LPK ke DLH di terima langsung oleh kepala dinas DLH M. Fajri Kamis (13/1/2022).

Tim dari LPK-GPI kabupaten Pringsewu di pimpin langsung oleh ketua LPK Elnofa Hariyadi SE dan di terima dengan baik oleh kadis DLH diruang kerja kadis.

Ketua LPK E. Hariyadi mengatakan, "LPK datang untuk berdiskusi untuk mencari solusi dan jalan keluar yang baik tentang persoalan pencemaran lingkungan yang ada di pekon Bumi Ayu kecamatan Pringsewu, warga petani Bumi Arum mengeluhkan persoalannya yang sudah bertahun -tahun tidak ada penyelesaiannya, air limbah dari tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) yang ada di pekon Bumi Ayu bocor dan mencemari sawah warga akibatnya petani sawah merugi."ujar Hariyadi

Kadis DLH M Fajri mengakui ada kebocoran air limbah dari sampah TPAS pekon Bumi Ayu sudah pernah di perbaiki tapi bocor lagi dan hasil telaah dari tim ahli DLH menyebutkan Penyebab limpasnya lindi TPA Bumi Ayu.

1. Adanya pipa yg tersumbat atau pecah, sehingga terjadi limpasan lindi.

2. Tidak adanya maintenance IPAL TPA.

3. Proses pengolahan air lindi tidak berjalan dgn optimal.

4. Kemungkinan adanya kebocoran pada bak penampung.

5. Musim penghujan menyebabkan bertambahnya debit air pada IPAL.

* Langkah-langkah yang sudah dilakukan LDH

1. Mengganti pipa yang pecah.

2. Memonitoring saluran perpipaan pada IPAL.

3. Melakukan pembersihan sampah yang masuk ke dalam IPAL.

4. Melakukan fitoremediasi menggunakan tanaman enceng gondok untuk mereduksi/mengurangi kandungan bahan pencemar yang terdapat dalam air lindi.

5. Melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah Teknis,dalam hal ini Dinas PUPR, terkait Revitalisasi TPA. 

Demikian, semoga kedepan Pengelolaan Persampahan di Kab. Pringsewu yang sudah dilakukan dengan baik, dapat dikelola lebih baik lagi, tentunya dengan meningkatkan pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada."kata kadis DLH

Dalam Minggu ini DLH dan LPK-GPI kabupaten Pringsewu Lampung akan turun ke pekon Bumi Ayu untuk bertemu dengan petani.(gnwn/red)