breaking news Baru

Tim Dokter AS Sukses Tranplantasi Jantung Babi ke Manusia

Amerika Serikat, Buanainformasi.tv - Ahli bedah Amerika Serikat (AS) membawa kabar terbaru. Mereka berhasil menanamkan jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik pada seorang pria berusia 57 tahun.
 

Prosedur "bersejarah" itu terjadi pada Jumat (7/1/2021) dan diumumkan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland Senin. Ini dianggap terobosan medis pertama yang diyakini dapat membantu mengatasi kekurangan kronis donor organ.Mengutip AFP, pria tersebut bernama David Bennett. Sebelumnya, ia telah dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi manusia.


David Bennet (57), pasien penerima tranplantasi jantung babi di AS


Namun persetujuan operasi yang diberikan badan POM AS, FDA, memberi sedikit harapan untuknya. Ia kini tengah dalam proses pemulihan operasi, di mana para ahli tengah memantau dengan cermat bagaimana kinerja organ baru tersebut.

Dokter yang terlibat, Bartley Griffith, mengatakan ini adalah upaya terakhir untuk pasien yang tidak cocok untuk transplantasi konvensional. Ia menyebut operasi itu terobosan.

"Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ," katanya.

"Kami melanjutkan dengan hati-hati, tetapi kami juga optimis bahwa operasi pertama di dunia ini akan memberikan pilihan baru yang penting bagi pasien di masa depan," tambahnya.

Sementara itu, pendiri program xenotransplantasi jantung universitas itu, Muhammad Mohiuddin, mengatakan bahwa operasi ini tersebut merupakan puncak dari tahun-tahun penelitian. Sebelumnya, transplantasi babi ke babon telah dilakukan tahun 1980-han, dengan waktu bertahan hidup yang melebihi sembilan bulan. (red)