breaking news Baru

Respon Cepat dan Tanggap Kakon Pardasuka Atasi Banjir Tahunan

Pringsewu, Buanainformasi.tv -Reaksi cepat dan tanggap dari kepala Pekon Pardasuka Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu atas usulan dan keluhan warga, karena daerahnya di setiap musim hujan selalu dilanda banjir, perlu mendapatkan apresiasi.

Hal ini di lakukan Jevi Hadi Sofyan SH, kepala Pekon pardasuka, dengan mengirimkan sebuah Eksavator untuk menormalisasi aliran anak sungai yang membelah Pekon Pardasuka, Sabtu 8 Januari 2022.


Jevi Hadi Sofyan SH kepala Pekon Pardasuka Kabupaten Pringsewu bersama warga.

Daerah aliran anak sungai yang dinormalisasi mengalir di tengah kota Pardasuka ini meliputi dusun Ujung Gunung, dusun Marga Batin dan dusun Kubu Banir.

Disela sela kegiatannya memantau langsung proses normalisasi anak sungai tersebut, kepada Buanainformasi tv ia mengatakan " Pelebaran anak sungai ini merupakan respon dari pemerintahan Pekon Pardasuka atas keluhan warga karena daerahnya sering dilanda banjir pada musim penghujan setiap tahunnya ".

Jevi juga mengingatkan, adanya banjir yang terjadi itu disebabkan oleh curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air di hulu yang berlimpah, pendangkalan dan penyempitan bantaran sungai.

Ia pun menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut maka aliran anak sungai yang mengalami penyempitan di kembalikan ke semula yaitu menjadi 3 meter dan melakukan pendalaman ditempat yang mengalami pendangkalan sepanjang 700 meter.


Balai Pekon Pardasuka Pringsewu.

Dengan adanya Normalisasi ini diharapkan, banjir yang setiap tahunnya datang dan selalu mengancam hasil panen sawah mereka, tidak terjadi lagi.

Oktova Rosadi, salah seorang tokoh masyarakat dari Dusun Ujung Gunung pada kesempatan yang sama menyambut baik kegiatan normalisasi anak sungai ini.

Ia juga berterima kasih kepada Aparat Pekon Pardasuka dan atas nama seluruh masyarakat Pardasuka yang telah merespon keluhan warganya dan berharap, banjir yang kerap terjadi di musim hujan tidak terjadi. (budi/red)