breaking news Baru

Buntut Aksi Bentrok Ormas di Jabar, Polisi Tangkap 11 Anggota Ormas PP

Jawa Barat, Buanainformasi.tv - Sebelas anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) ditangkap polisi setelah merangsek dan merusak markas sekretariat ormas Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten yang berada di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (26/9/2021) pagi.

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandung menetapkan 11 orang orang itu sebagai tersangka perusakan markas BPPKB Banten. Para pelaku merusak bangunan diduga buntut dari gesekan antar ormas di Cimanggung, Sumedang. 

Para tersangka dijerat Pasal 170 KUHP yang menyatakan bahwa setiap pelaku yang melakukan perbuatan tindak pidana pengeroyokan secara terang-terangan diancam pidana penjara paling lama 5 tahun 6 bulan. Bimantoro menjelaskan, ke-11 orang tersebut merupakan anggota dari ormas PP Cimanggung, Sumedang. Mereka diduga melakukan perusakan sekretariat BPPKB Bandung hingga tidak dapat dipakai kembali. Penyidik juga menahan barang bukti berupa dua unit roda empat, satu ambulans, dan satu kendaraan operasional ormas PP.

Sebelumnya, pada Minggu (26/9/2021) dini hari terjadi penyerangan ormas BPPKB Banten ke PP yang berada di Sumedang. Kemudian, PP Sumedang berbalik menyerang dan melakukan perusakan pada sekretariat BPPKB Banten yang berada di Cicalengka, pada pagi harinya. Tak berselang lama, gesekan antar kedua ormas tersebut meluas hingga ke perbatasan Cianjur dan Sukabumi. Akibat bentrokan tersebut, satu orang meninggal dunia setelah dianiaya sejumlah oran.

(ta/red)